Logo fotofilio

Mohon Menunggu...

Cara Menggunakan Kamera yang Baik Perlu Pembelajaran

Cara Menggunakan Kamera yang Baik Perlu Pembelajaran

Kamera DSLR (digital single lens reflec) merupakan jenis kamera yang dapat menangkap gambar dengan memantulkan cahaya dari lensa kamera ke subjek yang dibidik. Kamera DSLR sendiri adalah jenis kamera yang digunakan oleh para professional di bidang fotografi.

Meski saat ini keberadaan kamera mirrorless lebih populer ketimbang DSLR karena faktor harga dan kemudahan pemakaiannya, namun kualitas gambar kamera DSLR tetap jauh lebih baik. Oleh sebab itu bagi Anda para pemula yang menggunakan kamera DSLR dalam mengambil gambar, ada beberapa hal yang patut Anda ketahui terkait cara menggunakan kamera DSLR yang tepat dan aman.

Panduan Menggunakan Kamera DSLR untuk Pemula

1. Bingkai foto bidikan dengan viewfinder

Sebagai pemula, Anda tentu harus membiasakan diri terhadap beragam fitur yang terdapat di dalam kamera DSLR. Fitur viewfinder salah satunya. Meski terlihat sederhana, namun membiasakan diri menggunakan fitur ini sangat penting untuk menghasilkan foto yang bagus.

Viewfinder merupakan celah berbahan kaca yang kecil di bagian atas belakang kamera DSLR. Fungsi viewfinder adalah untuk membantu kamu dalam membingkai objek di kamera. Selain viewfinder, Anda juga bisa memanfaatkan keberadaan monitor LCD untuk membingkai foto bidikan.

2. Rawat lensa kamera

Kelebihan dari kamera DSLR adalah Anda bisa mengganti lensa kamera sesuai dengan kebutuhan. Lensa kamera ini dapat disesuaikan dengan gambar yang ingin dibidik, apakah gambar berjarak dekat dengan ketajaman tinggi ataukah gambar di tempat yang luas.

Ketika Anda sudah mulai mahir untuk mengganti lensa kamera yang tepat, pastikan bahwa Anda juga paham cara perawatannya. Hal ini dikarenakan lensa kamera merupakan salah satu bagian kamera yang rawan rusak. Misalnya sehabis mengambil gambar di pantai, maka segera bersihkan lensa setelahnya. Hal ini dikarenakan lingkungan pantai memiliki kadar garam yang tinggi yang dapat menyebabkan bagian dalam optik menjadi korosi.

3. Atur aperture

Bagi pemula, mungkin fungsi aperture pada kamera DSLR akan sedikit asing. Fungsi aperture ini sendiri berguna untuk dapat menyesuaikan jumlah pencahayaan yang masuk ke dalam lensa ketika membidik foto. Oleh sebab itu aturlah sumber cahaya dengan aperture ketika Anda mengambil gambar dari kamera DSLR.

4. Kunci titik fokus

Cara menggunakan kamera DSLR berikutnya adalah menetapkan titik fokus objek ketika mengambil gambar. Untuk membuat Anda semakin ahli dalam memotret, hindari menggunakan autofocus yang merupakan fitur bawaan dari kamera. Aturlah titik fokus dengan cara manual. Ketika fokus diatur manual Anda bisa menyesuaikan panjang focal agar diperoleh gambar tajam dengan latar belakang blur sehingga gambar menjadi lebih menawan.

5. Hindari menggunakan flash

Meski flash tentu akan ada pada setiap kamera DSLR, namun sebisa mungkin Anda menghindari penggunaan flash ini. Usahakan untuk mendapatkan gambar terbaik dengan sumber pencahayaan alami. Sumber pencahayaan alami akan menghasilkan kontras warna cerah karena warna objek menjadi lebih alami.

6. Coba seluruh mode fotografi

Cara menggunakan kamera DSLR agar mendapatkan gambar menarik adalah dengan mencoba seluruh mode fotografi yang ada. Bagi Anda para pemula, mungkin fitur ini sedikit asing untuk Anda. Namun, jangan pernah ragu untuk mencoba seluruh mode ini untuk memotret objek yang sama agar diperoleh gambar terbaik.

Untuk menggunakan mode yang tepat, Anda hanya perlu mengubah dial mode kemudian cobalah untuk memotret sebuah objek. Dengan menggunakan mode yang tepat akan memberikan efek kamera DSLR pada bidikan yang semakin menawan.

7. Atur komposisi foto

Di dunia fotografi dikenal adanya istilah rule of thirds atau aturan sepertiga. Rule of thirds ini maksudnya adalah membidik foto dengan menyelaraskan objeknya agar terfokus pada titik-titik tertentu di dalam bingkai.

Untuk melakukannya, Anda bisa mencoba membagi satu bingkai foto ke dalam tiga bagian dengan ukuran sama besar. Selanjutnya Anda hanya perlu untuk mengambil gambar objek di salah satu bagian yang telah Anda bagi tersebut. Dengan melakukan hal ini maka Anda akan memperoleh gambar objek dengan komposisi yang seimbang dengan latar belakang.

Selain memahami penggunaan kamera DSLR yang tepat agar dihasilkan foto menawan, Anda juga perlu menguasai cara menggunakan kamera yang tepat agar kamera tetap aman. Tentu akan sangat sayang kamera DSLR yang telah dibeli dengan harga mahal cepat rusak gara-gara kita tidak tahu cara merawatnya. Untuk itu pahami beberapa langkah perawatan di bawah ini bagi Anda yang memiliki kamera DSLR.

Cara Merawat Kamera DSLR agar Tetap Awet

Berikut beberapa tips merawat kamera DSLR sehingga tetap awet, antara lain:

· Segera matikan kamera ketika mulai panas

Seperti peralatan elektronik lainnya tentu suatu saat akan mengalami panas ketika digunakan. Hal ini juga dapat terjadi pada kamera DSLR ketika digunakan. Ada banyak faktor yang menyebabkan kamera menjadi panas, misalnya terlalu lama digunakan atau terkena paparan sinar matahari terus-menerus. Untuk itu segera matikan kamera Anda jika dirasa sudah mulai panas.

 · Tidak menggunakan viewfinder untuk menatap matahari

Tips yang satu ini mungkin memang tidak berkaitan langsung terhadap keamanan dari kamera DSLR Anda. Sebaliknya tips satu ini sangat penting untuk menjaga kesehatan penglihatan Anda. Bagi Anda yang menyukai fotografi sunset maupun sunrise, tentu Anda akan mengabadikan foto melalui kamera DSLR Anda.  Namun, sebaiknya jangan menatap frame bidikan terutama matahari melalui viewfinder atau jendela bidikan. Menatap langsung matahari melalui jendela bidikan berpotensi merusak mata Anda.

 · Perawatan baterai

Sama seperti merawat baterai pada peralatan elektronik lain seperti laptop maupun handphone, Anda juga harus memerhatikan perawatan baterai kamera DSLR Anda. Jika kamera DSLR Anda menggunakan baterai rechargeable maka pastikan tidak terjadi kebocoran pada baterai. Baterai yang bocor berpotensi melukai kulit akibat cairan asam di dalamnya.

 · Minta bantuan ahli untuk melepas komponen

Adakalanya Anda perlu melepas komponen kamera ketika menemui kerusakan atau kendala ketika digunakan. Meski Anda penasaran, hindari melepas komponen dari kamera DSLR sendiri apabila Anda tidak terlalu memahami seluk beluk bagian dalam kamera. Oleh sebab itu, jika Anda ingin memperbaiki kamera akan lebih baik jika membawanya langsung ke pusat perbaikan atau service center. Hal ini untuk menghindari sengatan listrik dari bagian komponen kamera maupun kerusakan yang lebih parah akibat asal membuka kamera.

 · Menjaga kestabilan kamera DSLR

Adakalanya kita ingin menggunakan kamera DSLR untuk memotret pengalaman berada di suatu tempat. Terkadang tempat yang ingin kita abadikan tidak selalu datar permukaannya sehingga menyebabkan kamera menjadi tidak stabil. Jika Anda meletakkan kamera di atas tripod, maka perhatikan permukaan di bawahnya. Jangan sampai kamera DSLR Anda jatuh ketika digunakan di medan yang tidak rata.

 · Lepas dan bersihkan lensa setelah digunakan

Cara menggunakan kamera DSLR agar awet yang terakhir adalah dengan merawat bagian lensa kamera. Pastikan untuk membersihkan lensa kamera terutama setelah digunakan.