Logo fotofilio

Mohon Menunggu...

Tips Jual Beli Online untuk Bisnis Fashion

Tips Jual Beli Online untuk Bisnis Fashion

Belanja merupakan salah satu kata yang meliputi kegiatan yang paling di senangi orang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Dan juga rela menghabiskan waktu berjam-jam demi mendapatkan barang yang diinginkan. Kata belanja sering disamakan dengan ibu rumah tangga atau wanita yang kerjaanya cuma memang berbelanja. Sedangkan suami atau pria dianggap kurang menyenangi kegiatan belanja. Pria identik dengan bekerja untuk memenuhi nafkah. Namun dengan seiring perkembangan zaman, pria ternyata hobi berbelanja juga dengan apa yang disukainya.

Beberapa kali saya sering melihat tingkah laku seorang wanita yang hobi belanja di mall maupun di pasar tradisional. Bagi wanita belanja adalah sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan. Dan tak jarang mereka terkena penyakit shopaholic atau gila belanja berlebihan. Menyadari beberapa sifat dasar manusia untuk berbelanja secara kontinyu maka berbagai pihak membuka bisnis online shop yang nyatanya laris manis. Apalagi bisnis online shop fashion yang banyak dicari orang. Apalagi bisnis online shop fashion yang banyak dicari orang. Bila anda berniat membuka usaha yang menjanjikan atau usaha yang bakal berkembang, tak ada salahnya mencoba tips jual beli online demi meraup keuntungan tinggi dengan membuka bisnis online fashion.

Cara Membuka Bisnis Online Fashion

Seiring dengan perkembangan jaman teknologi saat ini,  bisnis online shop fashion sangat mudah di jalankan. Ada berbagai macam penyedia website marketplace seperti tokopedia, bukalapak, OLX, shopee, lazada, dll untuk membuka fitur buka toko online fashion di internet.  Sama seperti penyedia layanan website Ecomerce berbayar, blog gratisan, ataupun media social yang ada, sudah menyediakan media market pasar online dengan berbentuk iklan berbayar, banner dan animasi text.

1. Memilih produk fashion yang laris manis dan laku keras di internet.

Inilah tahapan yang paling penting untuk memulai bisnis online yang menentukan sukses tidaknya yang paling laku dijual online dengan perkembangan tingkat penjualan ke depan. Anda tidak bisa sembarangan menjual produk fashion tanpa melakukan teknik survey produk, analisa data konsumen seperti usia, daerah tempat  tinggal, dan jam berapa saja orang sibuk asyik berinternet. Percuma jika kita tidak melakukan hal pencarian data dan teknik survey seperti perkiraan siapa saja yang akan  berminat untuk membeli produk anda dalam waktu dekat atau dalam waktu panjang. Anda akan rugi waktu, hanya menunggu produk anda tak kunjung laku. Maka di rekomendasikan survey terlebih dahulu mengenai jenis fashion yang sedang trending,populer dan model  terbaik. Pilihlah produk fashion yang sedang laku dipasaran secara fisik maupun online.

Sekedar untuk survey data anda bisa lihat jenis fashion yang sedang laris, trend dan best seller di pasar dalam negeri maka anda bisa memantau situs online shop fashion yang terbesar di Indonesia seperti Shopee, lazada, bukalapak, tokopedia, matahari mall dll.

2. Tentukan harga jual

Setelah mendapatkan barang fashion yang berkualitas bagus dan sedang trend, langkah berikutnya adalah menentukan harga jual bersaing. Perlu disadari bahwa persaingan bisnis online fashion sangat ketat. Anda harus bisa bersaing dengan harga dengan online shop fashion lainnya. Salah satu cara memenangkan persaingan bisnis online fashion adalah dengan memberikan produk fashion yang berkualitas baik dan unik serta harga yang lebih murah dari kompetitor online shop lain.

3. Tentukan pangsa pasar

Jika anda membidik pangsa pasar dalam negeri maka pastikan bahan fashion yang dijual sesuai dengan iklim dan cuaca di tanah air kita. Seperti bahan baju yang mampu menyerap keringat dengan baik dan nyaman digunakan. Dan beberapa ukuran baju di sesuaikan dengan standar tubuh orang Indonesia. Deskripsi mengenai bahan baju dan ukuran pakaian harus di jelaskan dalam penjualan produk di online shop fashion kita seperti contoh ukuran S (Small), M (Medium), L (Large), XL (Xtra Large).

4. Bukalah bisnis online shop dengan modal kecil

Anda jangan berkecil hati jika mempunyai modal kecil. Karena bisnis online fashion bisa di mulai dengan modal kecil bahkan ada yang tanpa modal sekalipun. Kita bisa mempertimbangkan bagaimana modal kita di hasilkan. Bisa melalaui pinjaman bank, pinjaman koperasi, bagi hasil, barang titipan, maupun modal sendiri seadanya.

5. Cari cara type penjualan apa anda sebagai penjual

Ada berbagai cara membuka bisnis online fashion seperti menjadi distributor (partai besar), agen waralaba/tunggal, dropshiper (kirim langsung), reseller (jualan partai kecil), dan lain sebagainya. Semua itu bisa anda pilih dan lakukan sesuai kemampuan daya beli dan daya jual anda sekarang atau kedepannya. Namun untuk sukses dalam bisnis online shop fashion tersebut diperlukan kecermatan dalam membaca pasar dan kerja keras serta memiliki sifat pantang menyerah.

6. Jual produk fashion bekas

Mungkin anda mempunyai produk fashion bekas pakai yang telah cukup lama dipakai dan sekarang tidak terpakai lagi namun dalam kondisi bagus. Anda bisa menjual kembali pakaian dan baju tersebut kepada masyarakat umum dengan cara menjualnya lewat media internet. Seperti melalui penyedia layanan website Ecomerce olx, tokopedia, bukalapak, dan media social yang ada.

Tipe penjualan Berbisnis Online shop

Kerapkali yang dikeluhkan oleh sebagian calon pelaku usaha fashion adalah ketiadaan modal. Zaman teknologi sekarang jika anda cerdas untuk memulai usaha penjualan fashion bisa tanpa modal.

 1.Menjadi dropshiper.

Untuk mulai bisnis fashion tanpa modal secara fisik, pertama-tama anda harus bisa mendapatkan pasokan pakaian dan jenis fashion dari produsen. Tawarkanlah kepada mereka sistem kerjasama bahwa anda sebagai tenaga pemasaran dengan keuntungan berdasarkan komisi barang yang terjual. Cara berbisnis pun juga tanpa modal sama seperti di atas. Namun cara mendapatkan konsumen bukan secara fisik tapi secara online shop fashion.

Misalkan anda menjual produk fashion yang berkualitas bagus milik produsen tertentu yang telah anda jalin kerjasama dropshiping. Anda hanya fokus pada menjual produk fashion sebanyak mungkin di online shop. Media internet yang bisa digunakan untuk jualan fashion sangat banyak seperti marketplace, tokopedia, olx, forum ads id, blog gratis dan berbayar, toko online dan lain sebagainya. Setelah anda mendapatkan pembeli maka anda tinggal menghubungi pihak produsen dan menyuruh mengirimkan ke alamat konsumen bersangkutan.

2.Sebagai Reseller

Anda tinggal mendatangi supplier konveksi, butik/toko produsen fashion. Kemudian membelinya dengan harga murah dan menjual kembali dengan kenaikan harga juga disebut jenis tipe penjualan reseller.

3.Toko busana/butik

Cara memulai usaha fashion secara fisik memerlukan lokasi usaha berupa toko sebagai tempat untuk mendisplay produk-produk. Namun untuk mendapatkan lokasi fisik penjualan yang strategis tidaklah mudah. Harga sewa toko, perawatan gedung, biaya listrik, biaya air bulanan, biaya tenaga kerja, biaya keamanan, biaya kebersihan, biaya renovasi dan lain sebagainya tidaklah murah.

Solusi lain dalam teknik penjualan

Namun dengan hadirnya internet, kini cara memulai bisnis online shop fashion kita dari nol. Namun modal yang dibutuhkan tetap ada seperti laptop atau komputer PC tidak perlu mahal dan bagus secara spesifikasinya yang penting bisa koneksi internet. Tapi biaya pembuatan toko online fashion sangat murah Caranya anda membuat sebuah website online shop fashion berbayar minim yang profesional maupun blog gratisan. Bisa juga perkembangan penjualan anda membaik dan meningkat anda bisa membuat website online Ecomerce berbayar yang profesional sehingga mudah dipercaya oleh konsumen.

Setelah melalui proses membuat online shop fashion awal, selanjutnya mengisi atau upload dengan model-model dan foto produk katalog fashion yang bagus untuk di jual. Pastikan kualitas foto produk yang diupload berkualitas bagus. Anda bisa foto sendiri dengan kamera berkualitas baik atau anda menggunakan usaha jasa fotografer profesional.

Media target penjualan

Penjualan online shop kita bisa melalui media social (seperti Instagram, Facebook, Twitter, dll dengan cara mengupload foto produk dan text animasi yang dijual beserta keterangan deskripsi produk serta harga dan nomor kontak yang bisa dihubungi. Nanti akan di posting sesuai dengan apa yang kita inginkan. Hasil postingan tersebut di harapkan menarik orang untuk melihat produk kita dan ingin memakai produk kita.

Pelayanan kepuasan pelanggan yang diutamakan

Seiring berjalan waktu jika anda konsisten melakukan promosi bisnis baju online melalui media sosial, marketplace, blog, dll. Maka berjalan waktu akan datang calon pembeli yang disebut target penjualan. Mereka akan bertanya-tanya mengenai produk fashion yang anda jual, cara pemesanan, cara pengiriman dan lain sebagainya. Tanggapilah pertanyaan-pertanyaan calon pembeli secara respon baik supaya mau membeli produk kita. Itulah cara berjualan online shop yang baik demi memuaskan pelayanan untuk pelanggan kita.

Internet untuk data

Bisnis online shop fashion menjadi jenis usaha yang populer dan digemari banyak orang. Disebabkan kemudahan dalam pengelolaan, modal kecil yang dikeluarkan, dapat dilakukan bisnis dimana saja dan kapan saja asalkan terkoneksi dengan internet. Namun keuntungan dari bisnis online fashion cukup tetap ada.

Bisnis transaksi 24 jam non stop

Banyak pengusaha busana menjual produk fashionnya secara online dan menghasilkan keuntungan hingga ratusan juta rupiah perbulan dari bisnis online shop fashion. Keuntungan yang menggiurkan tak terlepas dari transaksi pemasaran yang sangat luas hampir meliputi ke seluruh dunia dan waktu transaksi tidak terbatas bisa kita set buka selama 24 jam.