Logo fotofilio

Mohon Menunggu...

Kiat Sukses Untuk Penghasilan Sampingan Mahasiswa

Kiat Sukses Untuk Penghasilan Sampingan Mahasiswa

Mahasiswa bisa merasakan melaksanakan perguruan tinggi pasti erat dengan masalah keuangan apalagi yang sewa kos di tempat asal kuliahan. Tak jarang uang dari orang tua untuk kehidupan sehari-hari sudah habis sebelum akhir bulan.  Maka tidak heran anak kampus yang mencoba merintis untuk mencari penghasilan sampingan mahasiswa saat mengenyam bangku kuliah. Mereka hanya perlu cukup cerdas dalam melihat peluang-peluang di sekelilingmu yang berpotensi menambah income perbulan mereka. Pada dasarnya, kamu bisa melakukan bisnis tanpa modal dengan menjual keahlianmu sesuai target market atau dengan berjualan beberapa produk. Dan jika ditekuni, bisnis sampingan ini berpotensi menjadi bisnis yang besar

Jangan Terpaku dengan Modal

Saat Anda ingin membangun bisnis hal yang pertama kali terlintas adalah bagimana dengan modalnya. Apa lagi mahasiswa, uang saku selalu pas untuk kebutuhan sehari-hari seperti untuk makan, bayar fotocopy dan “bersosialisasi”. Dengan penghasilan sampingan mahasiswa kamu bukan hanya mendapat uang tambahan, kamu juga jadi belajar banyak hal. Seperti disiplin, manajemen waktu yang baik, menambah pengalaman, mengisi waktu luang, dan lain-lain. Kerja sampingan mahasiswa apa yang bisa kita lakukan?

Temukan Mitra Kerja

Bila Anda ingin memulai usaha sendiri setidaknya Anda juga harus mempertimbangkan untuk menawarkan orang lain menjadi mitra kerja Anda dalam hal pemasaran. Karena ini akan lebih efektif jika Anda melakukan segala sesuatunya sendiri.

Mulai dengan Ide Sendiri

Ide bisnis sebenarnya gampang saja, yang terpenting adalah bisnis tersebut sesuai dengan minat Anda dan Anda mengerti apa yang harus dikerjakan. Karena pada dasarnya memulai segala pekerjaan harus disesuaikan dengan minat dan kemampuan dengan begitu proses berjalannya pun akan lebih mudah dan Anda pun tidak akan merasa terbebani.

Temukan Konsumen di Lingkungan Kampus

Saat Anda sudah menemukan bisnis yang tepat untuk Anda dan produk yang ingin ditawarkan sudah 100% siap, maka waktunya untuk memasarkannya. Susunlah strategi pemasaran yang efektif untuk menjangkau konsumen yang ingin Anda tuju dan jangan lupa sediakan budget khusus untuk tahap ini. sebarkan flayers, banner sticker, diskon ataupun iklan di media sosial atau di setiap komunitas kampus seperti himpunan mahasiswa atau unit kegiatan mahasiswa sebagai langkah awal strategi pemasaran.

Usaha Fashion Online

 Dari sekian banyak bisnis yang bisa Anda jalani di lingkungan kampus, bisnis fashion online salah satu yang menjanjikan. Pasalnya tidak hanya gaya berbusana yang terus berubah-ubah, tapi juga karena kini penampilan sangat diperhatikan apalagi untuk para kaum wanita. Untuk itu ini jadi binsis yang sangat berprosepek.

Produk yang ditawarkan bisa berupa pakaian, tas, sepatu, aksesoris dan bisa juga produk kecantikan. Tidak perlu menjual produk sendiri, Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper fashion online yang sudah terkenal.

Bisnis Menawarkan Jasa Promote

Kalau Anda punya jumlah followers media sosial yang cukup banyak, Anda bisa menawarkan jasa promote. Istilah ini disebut juga dengan paid promote, di mana Anda bisa mendapatkan penghasilan dengan hanya memposting foto Anda dengan produk yang dipromosikan di akun media sosial Anda.

Biasanya akun yang menyediakan jasa tersebut menyediakannya secara berdurasi dan tarifnya ditentukan berdasarkan jumlah follower yang didapatkan oleh Online Shop yang dipromosikan. Nah, bila Anda aktif di media sosial dan punya jumlah follower yang cukup banyak manfaatkan lah. Tenang bisnis seperti ini tidak akan menggangu kegiatan kuliah Anda, malah waktu kerjanya lebih felksibel tergantung dan bisa disesuaikan dengan jadwal Anda.

Jadi Blogger atau Youtuber

Kalau kamu suka menulis maka buatlah blog. Sedangkan kalau sukanya membuat konten video maka buatlah channel Youtube. Kedua platform ini bisa kamu gunakan untuk menyalurkan hobi sekaligus mencari uang. Ada sistem bernama Google Adsense, dimana kamu akan mendapat uang dari hasil tulisan atau tayangan video kamu.

Jualan barang-barang bekas

Barang yang menurut kita kurang bermanfaat bisa menjadi berguna di tangan orang lain. Jual-beli barang bekas bisa menjadi bisnis sampingan yang menyenangkan. Barang-barang bekas yang berhubungan dengan hobi biasanya dihargai cukup tinggi dan ada beberapa tips jual beli online disini, pantas untuk mengisi dompetmu. Kamu juga bisa dengan mudah menemukan pembeli melalui media sosial atau situs jual-beli online.

Dengan sedikit keterampilan bisnis, kemampuan membaca peluang, dan keberanian mengambil resiko, kamu bisa mendapat keuntungan yang lumayan dari berjualan barang-barang bekas.

Menulis/mengedit artikel

Kamu punya insting berbahasa yang baik dan suka menulis artikel di waktu luang? Hobimu bisa dimanfaatkan untuk memperoleh penghasilan tambahan.  Cobalah menulis beberapa artikel atau cerita lalu kirimkan ke media cetak yang satu visi dengan tulisanmu. Atau kamu juga bisa menemukan proyek-proyek penulisan artikel di situs-situs bersangkutan lainnya.

Bisnis Kuliner

Bisnis yang satu ini siapapun bisa menjalankannya, tidak terkecuali mahasiswa. Mulai dari menawarkan makanan berat sampai ringan akan sangat menguntungkan bila dijajakan di sekitar lingkungan kampus. Apa lagi jika ditawarkan dengan harga yang murah dan rasa yang enak. Pasti tidak ada 3 sampai 4 jam makanan yang Anda tawarkan akan langsung habis terjual.

Kebanyakan mahasiswa yang memilih usaha menawarkan makanan dan minuman menjual yang cepat disajikan dan tahan sampai seharian seperti cemilan, gorengan dan minuman kemasan.

Jasa Dokumentasi Fotografi Dan Foto Produk/Video

Kerja sampingan yang satu ini cocok untuk kamu yang hobi dengan fotografi atau videografi. Kamu bisa menawarkan jasa dokumentasi dalam bentuk foto atau video. Banyak event yang bisa kamu tawarkan jasa ini, seperti acara nikahan, pembuatan video profil perusahaan, atau membuat album foto pre wedding. Sebaiknya sebelum kamu menawarkan jasa, buat portofolio berisikan karya terbaikmu agar konsumen percaya.

Dalam prakteknya bisa kamu kembangkan menjadi jasa foto produk, yaitu menerima jasa pemotretan untuk jenis produk tertentu dengan beberapa sudut yang bagus dan menarik.  Setelah itu disediakan paket-paket yang menarik untuk teman-temanmu. Sebagai rekomendasi contoh jasa foto produk yang sudah terkenal adalah situs fotofilio.com

Jasa Desain Grafis

Jika Anda memiliki ketertarikan pada dunia desai, cobalah untuk menjajaki bisnis menawarkan jasa desain grafis untuk sebuah perusahaan atau sebagai pekerja lepas. Bisnis ini cukup memiliki prospek yang cerah karena kini sudah cukup banyak orang bahkan perusahaan yang membutuhkan jasa tersebut untuk membuat campaign bisnis mereka atau logo bisnis mereka.

Part Time di Toko atau Restoran

Salah satu kerja sampingan mahasiswa yang bisa kamu lakukan adalah dengan bekerja part time di toko atau restoran. Bisa di toko fotocopy, swalayan, cafe, restoran, dan lain-lain. Kalau ini lebih cocok untuk kamu yang sudah di semester akhir, karena biasanya kerja part time ini membutuhkan waktu yang lebih panjang.