Logo fotofilio

Mohon Menunggu...

Manfaat Penggunaan Drone, Apa Itu Drone ?

Manfaat Penggunaan Drone, Apa Itu Drone ?

Apa itu drone ? Drone adalah sebuah pesawat terbang tanpa awak atau yang disebut juga dengan Unmanned Aerial Vehicles (UAV).

Drone biasa mempunyai berbagai macam jenis ukuran, bentuk, dan fungsi. Beberapa drone dilengkapi dengan kamera, infra merah, GPS, sensor, dan bisa juga senjata serta alat pendukung lainnya. Drone terbuat dari bahan yang ringan, sehingga bisa terbang dengan cepat dan dapat juga terbang pada ketinggian yang rendah maupun ketinggian tertentu untuk menghindari hal yang diinginkan

Penggunaan Drone Sipil

Pemanfaatan drone di kalangan sipil mempunyai banyak kegunaan seperti pencarian dan penyelamatan, memantau lalu lintas dan cuaca, mengantar barang, memadamkan api, dan juga mencari cara foto yang bagus di bidang fotografi.

Penggunaan Drone Dalam Pertanian

Beberapa manfaat drone dalam teknologi pertanian antara lain: sebagai sistem pemantau pertumbuhan tanaman, penilaian kondisi tanah, sistem irigasi dan drainase, monitoring hewan ternak, optimasi populasi tanaman terhadap lahan, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan citra hasil dari kamera yang dipasang pada drone, para petani dapat lebih mudah memantau pertumbuhan tanaman mereka, pada area mana tumbuhan yang memiliki pertumbuhan normal dan area mana yang memiliki pertumbuhan tidak normal, sehingga proses perawatan pada tumbuhan yang tidak normal dapat dilakukan sesegera mungkin. Pemantauan pertumbuhan tanaman dapat digunakan menggunakan metode Normalized Difference Vegetation Index (NDVI) dimana citra data diambil menggunakan kamera near-infrared (NIR) atau RBG. Tumbuhan hijau hidup menyerap radiasi matahari proses fotosintesis. Klorofil pada tumbuhan akan memancarkan lebih banyak radiasi matahari ke kamera near-infrared, sehingga tanaman yang memiliki pertumbuhan normal akan tampak lebih hijau jika dibandingkan dengan tanaman yang memiliki pertumbuhan tidak normal. Proses ini sudah dilakukan di Afrika Selatan sejak tahun 2014. Selain itu, dengan menggunakan kamera near-infrared (NIR) atau RBG, petani dapat menentukan nilai nutrisi yang terkandung pada lahan yang akan ditanami.

Penggunaan Drone Dalam Militer

Untuk kepentingan militer drone bisa digunakan untuk banyak hal seperti pengintaian ke wilayah yang berbahaya, pengumpulan informasi, mengikuti target atau menyerang musuh dengan cepat. Pihak militer juga melengkapi drone dengan misil untuk melumpuhkan target atau memberi bantuan kepada pasukan yang ada di darat untuk tugas selanjutnya.

Kemampuan Kamera Dan Video Drone

FOV (FIELD OF VIEW) : Sudut pandang dari camera drone , berapa luaskah dan dihitung dalam derajat contoh FOV 94 derajat artinya lensa camera bisa mencover sekitar 94 derajat

LIVE VIEW : Feature yang memungkinkan apa yang dilihat oleh drone bisa terlihat langsung dan dilihat oleh orang banyak dengan media tv , youtube, facebook, instagram dll

F stop : Besaran bukaan lensa yang dimiliki oleh camera

Shutter speed : Kecepatan yang bisa digunakan untuk memotret dan mengambil video

ISO: tingkat sensifitas dari sensor yang diukur dengan ISO 100 – 3200 tergantung dengan jenis drone dan cameranya

Burst shooting : Feature camera yang memungkinkan camera untuk memtoret lebih dari satu kali foto yang dihitung dengan per second seperti 6/s , artinya 6 frame yang bisa diambil dalam satu detik

AEB : Auto Exposure brackting feature dari camera yang memungkinkan memotret dengan perbedaan exposure yaitu gelap , terang, correct / benar

Penggunaan Drone Dalam Bidang Fotografi

Dikarenakan untuk jenis drone dapat digunakan dibidang tertentu dan sudah menggunakan teknologi kamera dan video resolusi tinggi. Maka seorang fotografer bisa mengambil manfaat untuk hasil momen terbaik fotonya. Dengan menggunakan menaruh suatu objek dan atur drone keposisi sudut terbaik maka akan tercipta hasil foto yang berbeda dengan kebanyakan fotografer lainnya. Setidaknya beberapa jasa foto produk sudah melakukan hal ini.

Teknik objek bergerak dan panorama  yang indah bisa di lakukan fotografer yang ingin hasil ekspetasi lebih dari yang dibayangkan dengan penggunaan drone.

Daya Tenaga Jelajah  Drone

Daya tenaga jelajah drone bisa di pengaruhi dari baterai atau bahan akar tertentu, tergantung dari pihak yang berkepentingan menggunakannya. Untuk drone sipil biasanya menggunakan baterai untuk daya jelajah terbang. Untuk militer dan bidang tertentu menggunakan bahan bakar khusus. Untuk daya tenaga baterai yang ada pada drone habis, baterai bisa di isi ulang atau di charge.

Drone saat ini sudah sangat umum digunakan di Indonesia, maka jumlah penggunaan drone pun meningkat. Sehingga pemerintah pun mengeluarkan regulasi mengenai peraturan penerbangan drone. Hal ini diatur agar tidak membahayakan ataupun merugikan banyak pihak.

Regulasi tersebut pun tertuang pada Peraturan Menteri Perhubungan No.90 Tahun 2015 mengenai peraturan Menteri Perhubungan tentang pengendalian pengoperasian pesawat udara tanpa awak di ruang udara yang dilayani Indonesia.