11 cara membuat foto produk yang bagus dan eye catching menggunakan smartphone

Oleh

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
11 cara membuat foto produk yang bagus dan eye catching menggunakan smartphone Fotofilio
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Para penggiat bisnis online tentu harus tahu bagaimana cara foto produk yang bagus agar barang dagangannya terjual banyak. 

Foto produk yang bagus merupakan salah satu kunci untuk menarik pembeli. Dengan foto produk yang bagus tentu saja omset penjualan bisa meningkat.

Banyak orang beranggapan bahwa untuk mendapatkan foto yang bagus dibutuhkan peralatan yang lengkap dan mahal. 

Perlu Anda tahu untuk mendapatkan foto produk aesthetic dan menarik bisa Anda lakukan dengan beberapa trik khusus.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan foto produk terbaik, berikut ini beberapa trik khusus yang bisa Anda coba:

1. Gunakan Kamera yang Bagus

Trik yang pertama untuk mendapatkan foto produk yang bagus adalah menggunakan kamera yang bagus. Anda bisa menggunakan kamera DSLR maupun SLR agar gambar terlihat tajam dan bagus.

Lalu bagaimana jika Anda baru memulai bisnis dan belum mempunyai cukup modal untuk membeli kamera yang bagus? Tenang saja, untuk mendapatkan gambar yang bagus Anda juga bisa menggunakan kamera handphone Anda.

Tentu saja agar hasilnya maksimal, Anda harus menggunakan kamera handphone yang bagus. Jika menggunakan kamera handphone disarankan untuk menggunakan HDR agar hasil gambar semakin bagus.

2. Pencahayaan Harus Terang

Cara mengambil foto produk yang bagus yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan pencahayaan. Pastikan pencahayaan di sekitar produk cukup terang agar hasil fotonya bagus.

Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus Anda bisa menggunakan ring light untuk menambah pencahayaan. Selain ring light Anda juga bisa memanfaatkan cahaya matahari sebagai sumber cahaya utama foto.

Sinar matahari lebih disarankan karena lebih alami dan hasilnya juga akan lebih bagus. Agar mendapatkan hasil yang maksimal Anda bisa melakukan pengambilan foto produk di luar ruangan.

3. Hindari Untuk Menggunakan Flash

Banyak orang yang memilih menyalakan flash ketika memfoto produk untuk mendapatkan tambahan pencahayaan. Menggunakan flash ketika memfoto produk sangat tidak disarankan.

Flash hanya akan membuat hasil foto menjadi kurang bagus. Oleh karena itu, hindari untuk menggunakan flash agar hasil foto produk lebih bagus. Sebaiknya gunakan pencahayaan alami seperti cahaya matahari.

4. Siapkan Background Bila Perlu Buat Studio Mini

Menyiapkan background adalah trik wajib dalam cara foto produk dengan kamera HP maupun kamera DSLR. Background sangat menunjang hasil foto produk Anda.

Untuk hasil yang bagus sebaiknya Anda menggunakan background yang natural atau basic. Background warna putih menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan foto produk yang bagus.

Warna background yang netral bisa membuat gambar lebih menonjol dan memudahkan Anda untuk mengeditnya. Anda bisa memanfaatkan kain warna maupun kertas untuk background.

Agar hasil lebih maksimal, Anda bisa membuat studio mini untuk pengambilan gambar. Studio mini ini bisa Anda buat dengan menggunakan kardus bekas dan kertas tidak perlu bahan-bahan yang mahal.

5. Pilih Angle yang Tepat

Angle atau sudut pandang pada saat pengambilan foto juga berpengaruh pada hasil akhir foto. Untuk mendapatkan foto produk yang bagus dan menarik Anda harus memotretnya dari angel yang tepat.

Untuk mendapatkan angle yang tepat ini memang tidaklah mudah, Anda perlu melakukan beberapa kali pemotretan. Tidak masalah jika Anda mengambil banyak foto dari berbagai sudut. Hal ini untuk memastikan Anda mendapatkan hasil foto yang bagus.

6. Gunakan Pengaturan Medium sampai Maksimal

Banyak orang yang memotret produk dengan memaksimalkan pengaturan yang ada di kamera. Banyak fotografer yang menyarankan untuk hasil yang bagus sebaiknya gunakan pengaturan medium saja.

Pengaturan medium hasilnya akan lebih bagus nantinya jika sudah dilakukan editing. Sebenarnya bisa saja Anda menggunakan pengaturan maksimal namun resolusi gambar yang dihasilkan akan tinggi. Hal ini bisa menghambat pada saat editing maupun loading gambar.

7. Untuk Produk Tertentu Gunakan Model

Trik yang selanjutnya ini khusus untuk cara foto produk pakaian dan fashion yaitu menggunakan model. Para pebisnis online dalam bidang fashion sangat disarankan untuk menggunakan model.

Model akan membuat pakaian yang Anda jual terlihat tampak bagus dibandingkan tanpa menggunakan model. Anda bisa menggunakan model langsung maupun menggunakan manekin.

Foto produk dengan model tidak hanya untuk produk fashion saja, produk makanan maupun minuman juga bisa menggunakan model. Dengan adanya model produk Anda akan terlihat lebih menarik dan bagus.

8. Gantungkan Produk Agar Terlihat Lebih Menarik

Ada trik khusus yang bisa Anda coba agar foto produk Anda terlihat bagus dan menarik yaitu menggantungkan produk Anda. Untuk menggantungkan produk ini Anda bisa menggunakan tali maupun gantungan yang lainnya.

Agar foto terlihat bagus Anda bisa menggantung produk dengan cara yang unik misalnya saja menggantung ke samping. Foto produk yang menggantung ini akan membuat produk Anda terlihat lebih estetik sehingga orang tertarik untuk membelinya.

Trik menggantung produk ini juga sudah banyak dilakukan oleh para pebisnis online. Hasilnya foto produk mereka lebih menarik dan menambah minat para konsumen.

9. Hindari Melakukan Editing yang Berlebihan

Banyak yang menyarankan dalam cara foto produk makanan maupun yang lainnya editing sangat penting. Editing gambar memang sangat penting dan perlu Anda lakukan. Melalui proses editing Anda bisa menambahkan berbagai hal agar produk Anda semakin menarik.

Walaupun demikian, editing untuk foto produk sebaiknya tidak boleh berlebihan. Cukup lakukan editing sederhana saja untuk membuat gambar menjadi lebih menarik. Editing yang berlebihan justru akan membuat produk Anda terlihat kurang menarik.

10. Jangan Gunakan Zoom Untuk Memotret Produk

Trik lainnya yang bisa Anda lakukan agar hasil foto produk bagus dan menarik adalah tidak menggunakan zoom. Zoom atau memperbesar ukuran pada saat memotret memang membantu namun hasil fotonya akan kurang bagus.

Hasil foto yang menggunakan zoom akan terlihat lebih pecah dan menjadi kurang bagus. Jika memang ingin mendapatkan gambar dari dekat sebaiknya Anda mendekatkan kamera dengan produknya. Mungkin cara ini agak ribet tapi hasilnya akan lebih bagus.

11. Tambahkan Watermark Agar Tidak Dipakai Orang Lain

Untuk menghindari plagiat dari foto produk Anda sebaiknya tambahkan watermark pada foto. Watermark ini berfungsi sebagai penanda bahwa foto produk tersebut adalah milik Anda. Pemberian watermark juga bisa masuk dalam editing untuk menambah daya tarik foto produk Anda.

Untuk mendapatkan foto produk yang bagus dan menarik memang perlu trik khusus. Anda tidak bisa asal foto saja dan langsung mempostingnya. Hal ini dikarenakan gambar produk adalah pion utama Anda dalam memasarkan produk secara online.

Bagi Anda yang tidak suka ribet tapi tetap ingin foto produknya bagus, tidak perlu khawatir. Anda bisa langsung menghubungi fotofilio.com. Anda bisa mempercayakan foto produk bisnis Anda kepada kami. Semua trik dan cara foto produk yang bagus sudah kami kuasai dengan baik. Foto produk Anda dijamin akan terlihat menarik, sehingga bisa menarik para calon konsumen.