7 Cara Membuat Foto Produk Pakaian yang Menarik Tanpa Model

Oleh

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
7 Cara Membuat Foto Produk Pakaian yang Menarik Tanpa Model Fotofilio
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Salah satu kunci sukses bisnis online pakaian adalah dengan memberikan gambar atau foto yang menarik. Melalui foto yang menarik pembeli akan tertarik dan mulai melihat apa saja produk yang Anda jual. Oleh karena hal inilah Anda sebagai pelaku bisnis online wajib tahu bagaimana cara foto produk pakaian yang menarik.

Memotret produk berupa pakaian tidak bisa dilakukan sembarangan. Asal-asalan dalam memotret akan membuat hasilnya jelek dan kurang menarik. Memang saat ini sudah tersedia banyak aplikasi edit foto tapi apakah maksimal jika hasil jepretannya saja kurang memuaskan?

Untuk Anda yang baru mulai bisnis pakaian online wajib tahu bagaimana tips foto produk fashion seperti pakaian agar hasilnya menarik.

Beberapa orang berpendapat agar hasil foto produk pakaian menarik maka harus menggunakan model yang menarik. Namun bagaimana jika Anda baru mulai bisnis ini dan modal yang digunakan tidak besar? Tenang saja tanpa menggunakan model pun Anda tetap bisa menghasilkan foto produk pakaian yang bagus.Bagi Anda yang ingin foto produk pakaian tanpa menggunakan model bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

1. Rapikan Pakaian Terlebih Dahulu dengan Menyetrikanya

Menyetrika Pakaian

Salah satu hal yang membuat calon pembeli tertarik dengan produk pakaian Anda adalah tampilannya yang rapi. Pakaian yang terlihat rapi walaupun dari foto saja akan membuat pembeli menjadi tertarik dan melihat-lihat produk Anda.

Karena hal inilah Anda harus merapikan terlebih dahulu pakaian sebelum melakukan pemotretan. Anda perlu menyetrikanya terlebih dahulu sampai benar-benar rapi.

Selama pemotretan pakaian tidak akan selamanya rapi terus bukan? Anda harus memindahkan pakaian tersebut yang bisa membuatnya menjadi kusut kembali. Untuk mengatasi hal tersebut Anda perlu steamer untuk merapikan pakaian agar selalu terlihat rapi.

Anda juga bisa menggunakan lint roller untuk merapikan kembali pakaian yang sudah agak kusut selama pemotretan. Kerapian pakaian merupakan hal yang penting agar hasil foto Anda bagus dan menarik.

2. Gunakan Bantuan Manekin

Manekin untuk foto pakaian

Konsep foto produk pakaian untuk jualan online adalah memberikan gambaran nyata bagaimana baju itu nantinya dipakai. Agar calon pembeli Anda tahu bagaimana pakaian tersebut jika digunakan maka Anda perlu menggunakan model.

Menghire model memang cukup mahal dan membutuhkan budget yang tidak sedikit. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa menggunakan manekin atau patung boneka.

Menggunakan manekin untuk pemotretan pakaian adalah langkah yang tepat. Dengan manekin pakaian yang Anda jual akan tampak lebih hidup dan terlihat lebih menarik.Dibandingkan menggunakan model, manekin juga lebih hemat karena bisa digunakan berulang kali. Anda yang baru memulai bisnis online pakaian tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk sewa model.

3. Ghost Manekin Bisa Menjadi Pilihan Alternatif

Ghost Manekin untuk foto fashion

Foto pakaian dengan menggunakan manekin mungkin sudah umum dan sudah banyak yang menggunakannya. Bagi Anda yang ingin membuat foto produk pakaian menjadi lebih berbeda dan unik bisa menggunakan teknik ghost manekin.

Efek dari ghost manekin ini akan membuat foto pakaian Anda tampak nyata tanpa terlihat menggunakan manekin.Cara foto ghost manekin ini dilakukan dengan 2 tahap yaitu memotretnya dengan menggunakan manekin kemudian melakukan editing. Editing yang perlu dilakukan adalah menghilangkan manekin dari pakaian. Anda bisa menggunakan software apapun untuk melakukan editing.

4. Teknik Foto Flatlay Bisa Membuat Produk Pakaian Lebih Menarik

Style flatlay untuk foto produk pakaian

Anda bisa mencoba foto produk pakaian tanpa model menggunakan teknik foto flatlay. Teknik foto ini banyak digunakan untuk memotret produk-produk seperti parfume, dan produk lainnya.

Awalnya teknik ini kurang recommended untuk memotret produk pakaian. Namun seiring berjalannya waktu dan trend berkembang, teknik ini juga cocok untuk memfoto produk pakaian.

Teknik flatlay ini cocok untuk produk-produk pakaian seperti celana panjang, kaos, dan kaos kaki. Agar hasil foto bagus Anda perlu menambahkan beberapa properti dan menata background foto semaksimal mungkin.Dalam teknik foto flatlay untuk foto produk yang terpenting adalah menonjolkan pakaian tersebut. Aksesoris maupun properti tambahan lainnya hanya mempercantik produk pakaian Anda saja.

5. Memaksimalkan Lighting Untuk Foto yang Terbaik

Pencahayaan untuk fotografi

Untuk menghasilkan foto produk yang bagus lighting atau pencahayaan adalah hal wajib yang harus menjadi perhatian. Lighting sangat berpengaruh pada hasil foto produk Anda nantinya. Agar hasil foto bagus maka pencahayaannya harus maksimal.

Ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pencahayaan maksimal ketika memotret foto pakaian, yaitu:

  • Fotolah di siang hari dekat dengan jendela. Trik ini sangat bagus untuk mendapatkan cahaya yang maksimal agar foto pakaian Anda terlihat bagus.
  • Jika Anda terpaksa memotret pada malam hari maka Anda perlu menggunakan alat lighting tambahan. Anda perlu membuat studio mini dengan tambahan lighting agar hasil fotonya maksimal.

Gunakan bantuan kain warna putih untuk membantu memaksimalkan pencahayaan. Dengan kain ini cahaya juga akan semakin rata dan tidak menimbulkan bayangan.

6. Gunakan Background Netral

Background Putih

Untuk menghasilkan foto pakaian tanpa model yang bagus background foto juga harus tepat. Background tepat untuk foto produk pakaian adalah warna netral atau warna yang lebih soft dibandingkan warna pakaiannya.

Warna background yang paling recommended adalah warna abu-abu atau putih. Dengan warna ini pakaian Anda akan lebih menonjol sehingga pembeli bisa langsung fokus terhadap foto pakaiannya.

Background yang digunakan juga tidak perlu kain putih, Anda bisa menggunakan kertas berwarna putih. Anda hanya perlu meletakkan produk di atas kertas tersebut kemudian memotretnya.

7. Ambil Foto dari Sudut yang Tepat

Pemilihan sudut foto yang tepat

Mengambil foto produk makanan maupun pakaian sama saja. Agar hasilnya bagus, Anda harus memperhatikan sudut pengambilan. Sudut pengambilan foto akan berpengaruh pada hasil foto Anda. 

Mengatur sudut pengambilan foto ini memang cukup sulit. Anda perlu melakukan beberapa percobaan agar hasilnya sesuai dengan yang Anda inginkan. 

Untuk mempermudah pengambilan sudut foto, Anda bisa memanfaatkan tripod atau alat bantu lainnya.

Menggunakan tripod tidak hanya membantu dalam pengambilan sudut pandang saja tapi juga membantu agar kamera tidak goyang. Hasil gambar tentu akan lebih bagus dengan menggunakan alat bantu ini.

Agar menghasilkan foto produk yang bagus memang diperlukan kerja keras dalam pengambilan gambar. Untuk Anda pemula mungkin harus lebih banyak belajar agar bisa menghasilkan foto pakaian yang bagus tanpa model.

Proses belajar ini memang tidaklah mudah dan cepat. Anda membutuhkan pengalaman yang cukup panjang dalam pengambilan gambar.

Tenang saja untuk Anda yang baru memulai bisnis online pakaian dan ingin mendapatkan foto produk yang bagus bisa menggunakan jasa foto produk pakaian.

Fotofolio merupakan penyedia foto produk berpengalaman yang akan membuat produk Anda lebih menarik.

Anda tidak perlu bingung lagi cari tahu bagaimana cara foto produk pakaian yang bagus karena kami akan menyediakannya. Tidak perlu ragu, hasil foto produk kami dijamin bagus dan bisa mendatangkan banyak pembeli untuk Anda.